Home / Tips

Senin, 12 Oktober 2020 - 11:12 WIB

6 Tips agar Smartphone Awet dan Tahan Lama

Smartphone adalah benda yang hampir wajib dimiliki oleh banyak orang. Merek dan spesifikasinya bermacam-macam. Harganya pun bervariasi, mulai 1 jutaan hingga puluhan juta. Meskipun harga HP semakin murah, namun bukan berarti bisa diperlakukan seenaknya. Gadget yang awet tentu menghemat pengeluaran Anda karena tak perlu membelinya sering-sering. Ini tips agar Smartphone awet dan terjaga dengan baik.

Tips agar Smartphone Awet dan Tahan Lama

Bagi Anda yang tak ingin sebentar-sebentar ganti gawai karena kerusakan yang bisa jadi akibat kesalahan Anda dalam merawat handphone, simak dulu tips agar smartphone awet dn tahan lama berikut ini:

1. Jangan Mengisi  Daya Baterai HP Semalaman

Seringkali kita mengisi daya baterai smartphone hingga semalaman, karena nanti saat dipakai pagi harinya tidak akan takut low batt. Sayangnya kebiasaan ini malah merusak HP karena daya listrik yang masuk terlalu banyak. Sehingga baterai gawai malah lekas aus. Sebaiknya isi daya baterai dalam waktu 2 hingga 3 jam, sampai penuh (durasinya tergantung merek dan spesifikasi HP).

2. Tunggu Sampai Daya Baterai Penuh, Baru Digunakan

Melalui smartphone, Anda bisa melakukan banyak hal seperti menonton video, chatting, hingga membuka media sosial. Saking senangnya membuka Instagram, ketika baterai  HP nyaris habis, langsung diisi daya dan dipakai saat itu juga. Padahal hal itu membuat gawai  cepat panas, karena di-charge sambil dipakai. Seharusnya ingat tips agar smartphone awet untuk menunggu daya baterainya 100%, baru digunakan lagi.

Selengkapnya  7 Tips Mengatasi Smartphone yang Lemot, Jitu Banget!

3. Gunakan Pelindung HP

Gawai Anda wajib dilindungi agar bebas goresan dan aman dari tragedi layar pecah. Ada beberapa macam pelindung seperti yang berbentuk dompet, yang bisa menjaga bagian depan dan belakang HP. Sedangkan pelindung smartphone dari bahan silikon juga bisa dipasangkan. Lapisannya yang empuk bisa meredam guncangan sehingga ketika HP tak sengaja terjatuh, tidak akan rusak.

Untuk melindungi layar, maka pasanglah screen protector yang banyak dijual di online shop maupun toko aksesoris HP. Harganya juga relatif tidak mahal, namun bisa melindungi layar smartphone dan jadinya awet. Lebih baik membeli pelindung daripada Anda mengganti layar ketika pecah, karena butuh dana setidaknya 300.000 rupiah.

4. Tips agar Smartphone Awet: Belilah Charger yang Orisinil

Usahakan charger yang dipasangkan ke HP adalah merek asli, yang dibeli di counter resmi. Mengapa harus yang orisinil? Walau harganya lebih tinggi daripada charger biasa, namun yang asli jelas lebih bagus kualitasnya. Ketika charger bekerja dengan maksimal, maka proses masuknya daya listrik ke gawai juga lancar. Baterai jadi awet dan HP Anda juga tahan lama.

Selengkapnya  7 Tips Mengatasi Pengisian Daya Baterai HP yang Lama

5. Matikan HP jika tidak digunakan

Masalah yang sering terjadi pada gawai adalah kondisinya yang panas, karena terlalu lama dipakai. Walau HP tidak Anda pegang, tapi mesinnya tetap bekerja karena ada notifikasi dari aplikasi. Jadi ketika di akhir pekan dan tidak ada pekerjaan, matikan HP selama setidaknya 2 jam. Smartphone akan awet karena Anda memberinya waktu untuk beristirahat.

6. Hapus Aplikasi dan Gambar yang Tidak Diperlukan

Sebuah smartphone juga bisa lekas rusak jika memorinya terlalu penuh. Jangan sampai memori HP terisi hingga lebih dari 90% kapasitasnya. Hapus foto dan aplikasi yang sekiranya tidak Anda perlukan.  Jika data berupa file PDF, foto, dan lain-lain sangat penting, jangan simpan di HP. Namun pindahkan ke komputer atau laptop. Gunanya agar memori HP tetap lega dan data tersimpan dengan aman.

Tips agar smartphone awet sebenarnya tidak terlalu susah. Anda hanya perlu membeli pelindung smartphone yang kualitasnya baik dan menjaga agar gawai tidak diisi daya terlalu lama. Hapus juga foto dari WA, foto yang tak diperlukan, dan aplikasi yang jarang digunakan. Rawatlah HP sepenuh hati karena ia berjasa untuk komunikasi, pusat hiburan, serta mempermudah pekerjaan Anda.

Selengkapnya  7 Tips Mengatasi Smartphone yang Lemot, Jitu Banget!

Share :

Baca Juga

Cara memeriksa nomor IMEI Anda di ponsel apa pun

Tips

Cara memeriksa nomor IMEI Anda di ponsel apa pun
Mengatasi Pengisian Daya Baterai HP yang Lama

Tips

7 Tips Mengatasi Pengisian Daya Baterai HP yang Lama
Menjual ponsel bekas: apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan

Tips

Menjual ponsel bekas: apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan
Tips dan Trik yang Bisa Dicoba Android

Tips

Tips dan Trik yang Bisa Dicoba Android
Kenali Headphone Anda

Tips

Kenali Headphone Anda
7 Tips Mengatasi Smartphone yang Lemot

Tips

7 Tips Mengatasi Smartphone yang Lemot, Jitu Banget!